Fungsi icon pada tab reference


Fungsi icon pada tab reference

oke plen kali ini kita coba bahas sedikit tentang fungsi icon pada tab” microsoft word,.,.

kita bahas di bagian tab reference, sesuai tugas kite nih.,.,.,.,

okelah tanpa ngoceh lama.,.,.

Tab References terdiri dari 6 group:

  • Table of Contens
  •  Footnotes
  • Citation & Bibliography
  • Captions
  • Index, dan
  •  Table of Authorities.

1.Icon Perintah pada Group
Table Of Content

Menu Table of Contens digunakan untuk pengelolaan daftar isi. Dengan menu ini user bisa menysipkan daftar isi otomatis pada sebuah halaman dokumen. Bila mode otomatis yang dipilih, maka fitur ini akan mencari judul dan subjudul secara otomatis dari file dokumen yang tengah Anda garap. Itulah sebabnya, sebelumnya Anda perlu memformat heading style atau format judul pada dokumen yang tengah dikerjakan. Dengan kata lain, daftar ini sebaiknya disisipkan ketika judul atau subjudul sudah terbentuk, meskipun hanya sebagian saja. Dengan menu ini pula Anda dengan leluasa dapat mengatur daftar isi yang sudah disisipkan.

1.1.Add Text dan Update Table

Perintah Add Text digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat, opsi ini memungkinkan user untuk melakukan customisasi bila nantinya ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

—Sedangkan perintah Update Table digunakan untuk memperbarui daftar isi . Update Table berfungsi untuk sinkronisasi antara daftar isi dengan perubahan terkini dalam dokumen.
—2.Icon Perintah pada Group Footnotes
—Pada mumnya, semua icon perintah yang terdapat di group Footnotes ini pengelolaan referensi tulisan. Group ini memiliki flyout di bagian kanan-bawahnya yang berisi properti lebih detail mengenai referensi dokumen. Group ini terdiri dari 4 icon perintah

1.Insert Footnote digunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer). Contohnya untuk menjelaskan suatu istilah yang tidak mungkin di jelaskan dalam paragraf bahasan tersebut.

2.Insert Endnote digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab.

3.Next Footnote berfungsi untuk memantau footnote dan endnote. Icon ini memiliki down arrow. Bila diklik, akan muncul flyout yang berisi menu seputar pemantauan footnote dan end note yang terdapat di seluruh file dokumen aktif.

4.Show Notes digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote. Bila Anda mengaktifkan perintah ini, maka sitem akan menampilkan letak catatan dari halaman dokumen yang sedang aktif.

—3.Icon Perintah pada Group Citation & Bibliography
—Insert Citation digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif. Dengan icon ini, Anda tidak melakukan pemformatan secara tradisional. Tentukan letak kursor, klik icon ini, Anda akan dihadapkan pada sejumlah opsi untuk keperluan menyisipkan kutipan.
—Manage Sources digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen. Klik icon ini, Anda akan dibawa untuk berkonsentrasi dengan pengaturan semua sumber kutipan yang disisipkan tersebut.
Sedangkan untuk perintah —Style berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan . Pilih format daftar pustaka  dan klik format yang di inginkan.
Bibliography digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif.daftar pustaka sangat berkaitan dengan bahan kutipan yang telah disisipkan.
4.Icon Perintah pada Group Captions

       Pada icon ini perintah yang ada secara umum digunakan untuk menyisipkan keterangan mengenai sebuah gambar atau ilustrasi yang kita masukkan dalam dokumen.

—Insert Caption digunakan untuk memberikan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan.
—Insert Table of Figures digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen.
—Update Table digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar.
—Cross-reference berfungsi untuk menyisipkan referensi silang.

5.Icon Perintah pada Group Index

—Mark Entry digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen.Dengan icon ini, entri kata yang baru akan ditandai dengan warna tertentu sehingga dengan mudah Anda bisa membedakan antara masukan kata yang sebelumnya dengan entri kata yang terbaru.
— Insert index digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen. Indeks menggambarkan kata atau istilah yang dibahas di dalam tulisan Anda.
—Update Index digunakan untuk memperbarui daftar indeks terkini. Saat Anda menedit/menambahkan kalimat baru di suatu bahasan,sesuai dengan kondisi terkini di dokumen Anda.
6.fungsi icon Perintah pada Group Table of Authorities
Table of Authorities digunakan untuk menyisipkan daftar sumber dari pemilik otoritas dokumen.bagian ini Terdiri dari 3 perintah yang bisa kita gunakan, antara lain : Mark Citation, Insert Table of Authorities, and Update Table

  • Fungsinya #Mark Citation digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen.
  • Sedangkan Insert Table of Authorities berfungsi untuk menyisipkan tabel sumber kutipan, sumber undang-undang atau konstitusi.
  • Kemudian Update Table digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap kutipan pada tabel
Seperti itulah.,.,.
okelah sekian aja pembahasan kita yang sederhana.,.,.,.,.,
semoga bermanfaat.,.,.,. 🙂 :0 😀

5 comments on “Fungsi icon pada tab reference

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s