Kenali Bahan Paking Dari Warna dan Bentuk

Paking kertas blok mesin, di pasaran banyak modelnya. Selain material yang diunggulkan, peranti penutup celah agar oli, air dan udara nggak gampang bocor itupun memiliki beragam warna. Ada yang biru, hijau bahkan hitam.

Warna mengandung arti. Misalnya paking kertas orisinal untuk Yamaha Mio. Paking blok, karter dan CVT warnanya hijau. Kuat terhadap gencetan atau tekanan dua komponen. Sedangkan yang hitam atau KW kerap ambles ketika ditekan.

Pada saat membeli paking kertas, pastikan bentuk dan dimensinya harus juga sama. “Biasanya paking berkualitas macam dari pabrikan atau aftermarket khusus racing kit, pasti tidak pernah menyimpang dari blok yang akan dilapisi,” jelas Sardin Gorad Pasaribu, mekanik Honda Capella Racing Team di Aceh.

Kemudian pilih paking yang tidak terlalu tebal. Dikhawatirkan memilki material berupa serbuk asbes halus, sangat rawan melebar ketika paking dipasang dan dijepit diantara bagian blok. Biasanya berwarna hitam keabuan.

“Kalau melebar saat ditekan, lubang aliran oli sangat mungkin tertutup pecahan paking. Risikonya mesin jebol akibat kurang pelumasan,” imbuh mantan instruktur kursus mekanik HMTC Jakarta yang kini tinggal di Medan, Sumatera Utara itu. (motorplus-online.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s