Cegah notebook kepanasan

Sering kali saat kita menggunakan laptop/notebook ,terasa sangat panas,walaupun sebenarnya panas itu wajar karena hard disk, processor, dan komponen chip lainnya memang menghasilkan panas saat bekerja.Tapi kalau panasnya tidak wajar, kita harus waspada, karena dapat merusak komponen di dalamnya.

Pada saat laptop overheat, laptop akan melakukan auto-shutdown atau mati mendadak untuk melindungi komponen di dalam laptop kamu, agar tidak rusak karena panas tersebut.

Nah inilah beberapa hal yang harus di perhatikan saat anda menggunakan laptop atau notebook anda.

  1. Hindari menggunakan laptop di atas sofa, kasur atau bantal, karena ventilasi pada laptop bisa saja tertutup, dan mengakibatkan udara panas tidak bisa keluar, akibatnya panas akan meningkat.sebaiknya letakkan laptop pada permukaan yang rata, di atas meja misalnya, supaya ventilasinya tetap terbuka, dan panas bisa keluar.
  2. Debu yang menumpuk di dalam ventilasi udara juga dapat mengakibatkan udara panas tidak bisa mengalir ke luar dengan sempurna,untuk mengatasinya gunakan “compressed air” yang biasa di jual dalam kemasan kaleng semprot, atau bisa juga di bawa ke teknisi untuk membersihkannya.
  3. Jika ada file yang hilang ataupun rusak karena laptop panas dan sering auto-shutdown, berarti ada masalah pada bagian hard disk anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s